MABIT ( Malam Bina Iman dan Taqwa ) TKIT Insan Mulia

MABIT ( Malam Bina Iman dan Taqwa ) TKIT Insan Mulia


Tak terasa sudah hampir sepuluh hari Ramadhan bersama kita. Banyak cerita menarik disetiap harinya. Anak- anak sangat menikmati keindahan Ramadhan. Dari aktifitas Sahur di awal hari, hingga berbuka puasa saat maghrib tiba. Semangat Ramadhan menyertai hari hari mereka.


Semua pengenalan dan pembiasaan ibadah di bulan Ramadhan adalah salah satu bentuk tanggungjawab orangtua terhadap anaknya untuk lebih dekat dengan Allah dan Agamanya. Maka dari itu, sesuai dengan kalender pendidikan Lembaga, TKIT Insan Mulia Wonosobo mengadakan kegiatan Malam Bina Amal " Mabit". Kegiatan ini di selenggarakan pada minggu awal KBM di bulan Ramadhan. Tepatnya pada Jumat - Sabtu, 25 - 26 Mei 2018 pukul 16.00 - 07.00 WIB.

Kegiatan ini dilaksanakan di komplek TKIT Insan Mulia Wonosobo. Beberapa ruang kelas disulap menjadi ruang kamar. Dua kamar untuk siswa putri dan tiga kamar untuk siswa putra. Demgan satu ruang sholat dan acara, juga di sediakan satu ruang untuk makan bersama.

Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh peserta didik dari kelompok B. Dengan perkiraan jumlah peserta adalah 98 orang siswa. Mereka terdiri dari 64 peserta putra dan 34 peserta putri. Dengan banyaknya peserta ini, menjadikan mabit tahun ini terasa lebih meriah.

Kegiatan Mabit ini diawali dengan registrasi dan membereskan perlengkapan tidur dan sholat dikamar masing-masing peserta. Setelah semua tertata rapi, anak- anak dikumpulkan di satu ruangan acara. Disana kegiatan dibuka dengan salam, sapa juga doa pembukaan oleh ustadzah Um Amanah, S.Pd selaku penanggung jawab acara Mabit.
Kemudian dilanjutkan dengan fun game  guna menanti waktu berbuka. 

Dalam kegiatan ini anak - anak memainkan game memindahkan hula hop dalam satu lingkaran dengan saling bergandengan tangan satu dengan yang lainnya tanpa terputus. Walau game ini pernah dilakukan anak-anak, namun mereka tampak semangat menyelesaikan permainan ini dengan baik. Wajah keceriaan mereka terpancar dari tawa yang selalu terdengar di sela sela permainan. 

Permainan selanjutnya diberi nama " kapal karam". Dalam permainan ini di sediakan 2 karpet kecil ukuran 1x1m. 8 orang anak diminta untuk berpindah tempat dari sisi satu ke sisi yang lain dengan menggunakan karpet tersebut tanpa keluar karpet yamg disediakan.

Setelah asyik bermain anak anak diminta untuk cuci tangan dan setelahnya masuk ke ruang makan untuk berbuka puasa. Tak berselang lama setelah anak anak duduk rapi di ruang makan, adzan magrib pun berkumandang. Dipandu oleh ustadzah, anak anak bersama sama membaca doa berbuka puasa. Walau hanya berbuka dengan sirup carica dan tahu krispi, anak anak tampak senang menyantap makanan yang dihidangkan.

Setelah menghabiskan takjil di ruang makan, anak anak mengambil wudhu dan bersiap sholat magrib berjamaah  di ruang sholat.Sholat di pimpin oleh ustadzah Isti Rohanah. Setelah selesai melaksanakan sholat magrib anak anak kembali keruang makan untuk menikmati hidangan makan malam bersama dengan teman dan ustadzah. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sholat isya' dan tarawih. Kegiatan tersebut diilaksanakan di ruang sholat dengan didampingi oleh beberapa ustadzah. Setelah kegiatan sholat, kegiatan malam ditutup dengan menyaksikan film kisah nabi yusuf dan dilanjutkan dengan tidur dikamar masing masing.

Di awal hari anak dibangunkan untuk Sahur bersama. Mereka menikmati makanannya walau mata masih terlihat sayu. Sahur dwngan menu sederhana namun dengan kebersamaan membuat mereka tetap mau menikmati hidanga yang di sajikan. Waktu imsak pun tiba, semua di minta untuk bersiap melaksanakan sholat subuh berjamaah.

Saat kumandang adzan dilantunkan semua anak telah rapi dalam barisan shofnya dan bersiap untuk memulai sholat subuh berjamaah. Setelah selesai sholat anak anak diajak untuk berdzikir dan mengulang kembali hafalan yang telah mereka hafalkan di kelas masing- masing. Setelah itu mereka di ajak jalan sehat keliling kompleks, untuk merasakan dan menikmati keindahan alam di pagi hari. Setelah puas berkelilingnkompleks mereka berkumpul dihalaman dengan agenda tukar kado juga sebagai tanda di akhirinya kegiatan Mabit Ramadhan tahun ini.

Mabit adalah kegiatan yang berkesan bagi anak anak. Mereka dapat merasakan kebersamaan dalam Ramadhan. Mereka sholat bersama, makan bersama , sahur bersama bahkan tidur bersama. Tak jarang dari mereka ingin kembali mengikuti kegiatan mabit kembali di tahun berikutnya.


Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: